PT. Unilever Indonesia melalui produk Pepsodent, menggandeng RSGM UMY dan Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (PSKG FKIK) mengadakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2014 yang bertempat di RRSGM UMY, Kota Yogyakarta.

Kegiatan yang telah digagas sejak tahun 2010, yang juga bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), secara rutin digelar di berbagai Fakultas/Prodi Kedokteran Gigi di Indonesia.

Kegiatan tahunan tersebut rencananya akan ditutup dengan acara sikat gigi massal yang diikuti oleh sekitar 300 Siswa SD dari sekolah binaan RSGM UMY yang ada di Yogyakarta. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penanaman kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan gigi sejak dini.

Selain memberikan pelayanan kesehatan gigi gratis bagi masyarakat yang mencakup pembersihan karang gigi, penambalan sederhana, pencabutan sederhana, topikal aplikasi flour dan fissure sealant, BKGN kali ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut melalui berbagai metode.

Mewakili panitia pelaksana, drg. Lkky Tiara A., M.DSc, Sp.KGA selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan sarana edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Masyarakat diharapkan mampu untuk mengedepankan upaya promotif dan preventif. Kegiatan ini juga merupakan bentuk pengabdian RSGM UMY dan Kedokteran Gigi UMY kepada masyarakat. Pada kegiatan BKGN tahun 2014 ini, panitia menargetkan 1000 peserta dalam waktu 3 hari.

Salah satu pasien mengungkapkan bahwa kesempatan seperti ini memberikan banyak manfaat karena biaya perawatan gigi saat ini tergolong mahal dan masih banyak masyarakat yang belum memahami cara merawat gigi yang baik dan benar. “Iya, saya ikut mendaftar walaupun harus mengantri, karena saat ini biaya perawatan gigi ‘kan sudah mahal ya, dan ini juga kesempatan bagi masyarakat untuk merawat dan membersihkan giginya secara geratis, makanya saya tidak mau menyi-nyiakan kesempatan ini. Sekalian belajar cara sikat gigi yang benar” jelasnya.